Teks Eksplanasi Singkat - "Banjir"


 

 

Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan sehingga dapat merendam daratan. Air banjir bisa menenggelamkan benda-benda di tempat yang rendah. Pada tingkat yang lebih besar, banjir dapat menenggelamkan rumah-rumah hingga memakan korban jiwa.

Banjir disebabkan karena naiknya volume air di daratan. Peningkatan volume air bisa dikarenakan hujan lebat, tertutupnya saluran air, maupun sistem irigasi yang buruk. Tertutupnya saluran air dapat dikarenakan menumpuknya sampah. Hal tersebut disebabkan karena masih ada orang yang tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan yang lama kelamaan sampah akan menumpuk dan menyumbat saluran air sehingga bisa mengakibatkan banjir. Sistem irigasi yang buruk bisa dikarenakan tertutupnya permukaan yang dapat meresap air akibat pembangunan hunian yang menggunakan semen atau paving blok. Karena daerah resapan berkurang, maka terjadilah banjir.

Akibat dampak yang merugikan, banjir perlu diberi solusi. Sungai yang rawan banjir perlu diberi pertahanan seperti bendungan, waduk, dan weir untuk mencegah sungai meluap. Peralatan-peralatan darurat seperti karung pasir atau tabung apung portabel pun perlu digunakan untuk mecegah adanya banjir. Selain itu, kesadaran tanggung jawab buang sampah pada tempatnya juga perlu ditanamkan kembali. Dengan begitu, masalah banjir akan perlahan-lahan diatasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Eksplanasi Singkat - "Hemat Listrik"

Menuliskan Gagasan Pokok Teks Visual dan Teks Petunjuk